Keuangan

3 Film yang Wajib Ditonton supaya Belajar Investasi Terasa Menyenangkan

3 Film yang Wajib Ditonton supaya Belajar Investasi Terasa Menyenangkan

Bagi investor pemula, butuh proses untuk mengenal dunia bisnis dan investasi serta seluk-beluk teori ekonomi yang menyertainya. Dunia investasi memang menuntut Anda untuk terus belajar supaya bisa mendapat keuntungan yang diinginkan. Kini media belajar sudah tersedia di mana saja, mulai dari internet, buku atau belajar langsung melalui forum.

Nah, bagaimana kalau belajar dari film? Sembari bersantai dan menikmati akting dari pemainnya, beberapa film berikut sekaligus bisa menambah pengetahuan Anda tentang dunia investasi. Berikut beberapa resensinya.

1. The Big Short (2015)

Film bergenre drama komedi ini disutradarai oleh Adam McKay. Film ini mengambil latar belakang cerita krisis keuangan subprime mortgage di Amerika tahun 2008 berdasarkan buku berjudul sama karya Michael Lewis. Cerita berkisar pada kehidupan bankir di Amerika. Dr. Michael Burry (Christian Bale) memprediksi kejatuhan keuangan Amerika karena penjualan properti yang masif saat itu. Namun, tak ada yang percaya karena penjualan sedang bagus-bagusnya. Ketika akhirnya krisis benar-benar terjadi, Burry mengambil keuntungan dengan melakukan short selling. Istilah-istilah di dunia investasi bertebaran sepanjang film sehingga Anda bisa belajar sembari menikmati akting dari bintang-bintang seperti Brad Pitt, Steve Carell, dan Ryan Gosling.

2. Margin Call (2011)

Meski terkesan serius dan rumit, film ini akan memberikan pemahaman lebih mengenai investasi yang akan membuat investor lebih berhati-hati. Latar belakang ceritanya diilhami kisah nyata, saat banyak perusahaan keuangan Amerika seperti Lehmann Brothers bangkrut. Dikisahkan bahwa Eric Dale (Stanley Tucci) dipecat dari sebuah perusahaan keuangan yang berada di ambang kebangkrutan. CEO John Tuld (Jeremy Iron) memerintahkan karyawannya untuk menjual saham yang bermasalah agar tak mengalami kerugian besar. Ia tak peduli meski harus merugikan investor dan menimbulkan krisis nasional yang lebih besar.

3. Inside Job (2010)

Film dokumenter ini juga berlatar belakang krisis keuangan Amerika tahun 2008. Disutradarai oleh Charles Ferguson, film ini menyajikan penjelasan empat bab mulai dari penyebab hingga solusi saat terjadi krisis. Adanya segmen wawancara dengan ahli yang kompeten akan membantu penonton memahami alur dari masalah keuangan yang terjadi. Bermula dari cerita dampak krisis di Islandia, lalu ditelusuri hingga ke pusatnya di Amerika. Secara keseluruhan, dengan menonton film ini Anda akan sekaligus belajar tentang sistem keuangan di suatu negara hingga beragam trik dalam berinvestasi.

Demikian beberapa sinopsis tentang film berlatar belakang dunia investasi. Nah setelah menonton filmnya, tentu kurang sempurna jika tidak praktik langsung bukan? Sebagai pemula, Anda bisa mencoba investasi modal kecil terlebih dahulu seperti yang tersedia di GandengTangan.org. Mulai dari Rp50.000,00 saja, Anda bisa berinvestasi sembari membantu produk UMKM milik masyarakat sehingga dampaknya dapat langsung terasa. Nah, tunggu apa lagi? Ayo segera berinvestasi!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.