Ramadan

4 Tips Agar Tidak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa

Ketika berpuasa, biasanya pikiran kita selalu dipenuhi keinginan untuk makan macam-macam menu saat berbuka nanti. Jadilah berbuka puasa seperti cuma menjadi ajang balas dendam untuk makan sebanyak-banyaknya setelah menahan lapar seharian.

Penting buatmu untuk mengontrol nafsu makan sebaik mungkin, sebab makan berlebihan berakibat kurang baik bagi tubuh, lho. Nah, berikut tips yang bisa dicoba agar tidak kalap makan saat berbuka puasa.

  1. Minum Air Putih
  2. Ketika magrib tiba, sebisa mungkin tahan keinginan untuk menyantap makanan ini itu. Sebaliknya, minum segelas air putih biar hasrat makanmu sedikit terkendali. Air putih akan membuat perut cepat kenyang sehingga kamu tidak akan kalap melahap semua hidangan yang disajikan di meja makan.

  3. Kurma
  4. Sebelum masuk ke menu utama, sebaiknya usahakan untuk mengonsumsi makanan ringan seperti kurma terlebih dulu. Sebutir kurma juga cukup bikin perut kenyang, lho. Selang beberapa waktu, barulah kamu boleh menyantap menu utama berupa nasi dan lauk pauknya. Namun, ingat, jangan terburu-buru menghabiskannya, ya.
    Biasanya saat buru-buru, makanan tidak terkunyah dengan baik sehingga membuat kerja pencernaan menjadi lebih berat. Kalau hal ini terjadi terus menerus, kamu bisa sakit perut. Makan perlahan-lahan juga akan membuatmu merasa puas dengan hidangannya sehingga nafsu makan bisa dikontrol dengan baik.

  5. Jangan Belanja Saat Lapar
  6. Saat lapar, orang cenderung ingin mencicipi aneka makanan yang menurutnya terlihat lezat. Nah, agar tidak kalap, lebih baik hindari berbelanja makanan saat sedang lapar. Tips ini juga bisa kamu terapkan ketika akan berbuka puasa di luar. Sembari menunggu makanan utama dihidangkan, makanlah makanan ringan sekadar untuk mengganjal perut dan menahan hasrat untuk memesan banyak menu.

  7. Gosok Gigi
  8. Tahukah kamu kalau menggosok gigi ternyata juga bisa mengontrol nafsu makan sehingga tidak kalap saat berbuka? Nah, triknya adalah, segera sikat gigi setelah minum segelas air (sebelum menyantap apa pun). Ketika sudah sikat gigi, keinginan untuk makan macam-macam menu biasanya akan berkurang.

Itulah tips yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari kebiasaan kalap saat magrib tiba. Selain lebih sehat, makan secukupnya saat berbuka juga akan membuatmu lebih fokus beribadah nantinya.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.