Keuangan

5 Alasan Pentingnya Diversifikasi Investasi

5 Alasan Pentingnya Diversifikasi Investasi

5 Alasan Pentingnya Diversifikasi Investasi

“Jangan taruh semua telur Anda dalam satu keranjang.” Peribahasa tersebut tampaknya jamak didengar saat berbicara mengenai investasi dan manajemen keuangan. Bayangkan jika Anda hanya berinvestasi pada satu bidang atau mengalokasikan seluruh modal untuk membeli saham di satu perusahaan. Lantas, apa yang terjadi jika perusahaan tersebut kolaps? Seluruh dana Anda akan hilang tak berbekas.

Itulah pentingnya melakukan diversifikasi dalam berinvestasi. Investasi menguntungkan tak hanya memerlukan kelihaian dalam melihat bidang atau instrumen apa saja yang memiliki prospek cerah tapi juga kejelian dalam melihat pasar serta strategi untuk meminimalisasi risiko. Kalau masih belum yakin akan pentingnya diversifikasi dalam investasi, berikut beberapa alasan yang mungkin dapat meyakinkan Anda:

1. Meminimalisasi risiko kerugian
Jika salah satu aset investasi Anda sedang mengalami penurunan, bisa jadi aset yang lain tidak mengalami hal serupa dalam periode yang bersamaan. Dengan begitu, Anda masih berkesempatan memperoleh imbal hasil yang menarik dari investasi, sekalipun ada salah satu aset yang sedang merosot. Risiko kerugian finansial pun dapat ditekan lebih efektif dengan adanya diversifikasi.

2. Mewujudkan efisiensi dalam mengalokasikan dana
Investasi menguntungkan berawal dari kecermatan dalam mengalokasikan dana. Alokasi dana pada beberapa aset yang tepat dapat membantu Anda membuat tabungan jangka panjang. Bagi investor yang sudah mendekati masa pensiun, membuat dana cadangan dan tabungan jauh lebih penting dibanding apapun. Diversifikasi merupakan salah satu cara efektif untuk mengalokasikan dana demi melindungi aset Anda.

3. Memastikan Anda tetap menerima return dari setiap aset investasi
Aset yang Anda investasikan tidak selamanya akan memberikan keuntungan yang diharapkan. Namun, dengan melakukan diversifikasi, Anda dapat tetap memperoleh profit dari aset yang diinvestasikan. Jadi, Anda tidak perlu terlalu bergantung pada satu aset yang dianggap menjanjikan keuntungan paling banyak.

4. Meningkatkan keuntungan dan daya saing
Semakin beragam portofolio investasi Anda, semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa diraih. Market share yang diperoleh dari beberapa aset yang diinvestasikan tentunya dapat menambah keuntungan.
Bahkan Anda tidak hanya memiliki kesempatan meraup untung lebih besar tapi juga dapat meningkatkan daya saing di pasar investasi. Anda dapat mempersempit ruang gerak pesaing sekaligus menghindari monopoli pasar oleh pesaing.

5. Diversifikasi aset internasional bahkan dapat memperbesar peluang Anda meraih keuntungan
Jika Anda menaruh minat yang besar pada investasi saham atau reksa dana, pertimbangkanlah untuk alokasi dana ke pasar internasional. Anda dapat memperbesar kesempatan meraih keuntungan lebih besar saat pasar internasional sedang dalam performa yang bagus, sekalipun pasar saham lokal tengah lesu. Namun, ingat, pertimbangkan baik-buruknya terlebih dulu agar tidak mengalami kerugian yang terlalu besar.

Bagaimana, sudah siap melakukan diversifikasi? Anda dapat memulai dengan berinvestasi di beberapa produk investasi menguntungkan dengan modal yang tidak terlalu besar, misalnya emas, reksa dana, dan P2P lending. Di platform P2P lending seperti GandengTangan, Anda dapat mulai berinvestasi dengan dana Rp50.000 dengan tingkat return mencapai 15% setiap tahunnya. Di samping itu, Anda juga berkesempatan membantu para pemilik usaha kecil mewujudkan impiannya untuk mengembangkan bisnis. Yuk, mulai diversifikasi investasi Anda bersama gandengtangan.org!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.