KeuanganWirausaha

5 Cara Meraup Untung Lewat Investasi Usaha Online

5 Cara Meraup Untung Lewat Investasi Usaha Online

5 Cara Meraup Untung Lewat Investasi Usaha Online

Investasi merupakan hal wajib bagi setiap orang yang menginginkan perlindungan finansial untuk jangka panjang. Jika dulu banyak anggapan yang mengatakan bahwa untuk investasi Anda memerlukan banyak modal, kini sudah tersedia beragam platform dan produk investasi yang bahkan dapat dijangkau mahasiswa.

Salah satu produk investasi terpopuler saat ini adalah instrumen dan platform investasi berbasis daring. Sebut saja P2P lending, forex, atau reksa dana yang seluruh kegiatan jual-belinya dapat dipantau secara online. Kehadiran investasi online ini dianggap cukup efektif menjangkau para investor pemula yang melek teknologi. Nah, lantas bagaimana sih caranya memaksimalkan keuntungan investasi online? Simak pembahasannya di bawah ini, ya.

1. Cari tahu sistem kerja investasi online
Sebelum menanamkan modal Anda pada sektor investasi online tertentu, ada baiknya mempelajari skema dan cara kerja investasinya terlebih dulu. Saat ini saja, ada beragam produk investasi online, mulai dari pembiayaan usaha seperti P2P lending, reksa dana, emas, hingga saham di pasar internasional.
Setiap produk investasi memiliki platform dengan cara kerja masing-masing. Anda dapat mengoperasikannya secara mandiri ataupun meminta bantuan manajer investasi. Namun, pastikan Anda memiliki pengetahuan dasar mengenai prinsip dan cara kerja investasi tersebut.

2. Pahami risiko dari setiap produk investasi
Kegiatan investasi tak pernah luput dari risiko. Tingkat risiko yang dimiliki produk investasi pun dapat berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh. Semakin tinggi risiko, semakin besar pula keuntungan. Namun, bagi para pemula, memilih produk investasi high risk high return tampaknya bukanlah pilihan tepat.
Karenanya, demi meminimalisasi risiko kerugian, ada baiknya untuk membandingkan risiko dari produk investasi yang akan dipilih demi mencari tahu kesanggupan Anda saat dihadapkan dengan risiko tersebut.

3. Jangan ragu untuk melakukan diversifikasi investasi
Bagi pemula, berinvestasi pada lebih dari satu produk investasi bisa dikatakan sebagai pilihan yang bijak. Anda dapat menghindari risiko kerugian yang terlalu besar apabila nilai produk yang diinvestasikan merosot tajam. Dengan diversifikasi, Anda dapat meraih return sekalipun ada salah satu aset yang memiliki performa buruk.

4. Cari tahu kredibilitas broker dan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan investasi
Investasi online juga dimediasi oleh broker ataupun manajer investasi. Itulah sebabnya Anda wajib mencari tahu kredibilitas dan rekam jejak pihak yang akan menerima atau mengelola dana. Pastikan broker, manajer investasi, maupun platform investasi yang dipilih kredibel dan memiliki citra baik demi memastikan dana Anda terkelola dengan baik.

5. Berguru pada ahlinya
Tidak ada salahnya membekali diri dengan membaca buku tentang investasi atau mengikuti seminar. Anda dapat memperoleh gambaran mengenai cara kerja sistem investasi online, ekspektasi return yang bisa didapat, serta strategi mengelola dana yang tepat.

Sebagai langkah awal memulai investasi online, Anda dapat berinvestasi dengan modal kecil melalui P2P lending. P2P lending pada dasarnya merupakan investasi untuk perusahaan atau bidang usaha tertentu seperti UKM atau industri kreatif lainnya.

Di GandengTangan, misalnya, Anda dapat bertemu ratusan pemilik usaha kecil dari berbagai daerah. Anda bahkan dapat mulai berinvestasi dengan modal Rp50.000. Tingkat returnnya pun cukup menarik, lo. Jadi, Anda tidak hanya dapat membantu para pemilik usaha tetapi juga turut berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan hidup para pemilik usaha kecil. Yuk, mulai investasi online bersama gandengtangan.org!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.