Berita

5 Jenis Investasi Modal Kecil untuk Pekerja Kantoran

5 Jenis Investasi Modal Kecil untuk Pekerja Kantoran

Status pekerja kantoran dengan gaji pas-pasan bukan alasan untuk tak bisa mencapai kemapanan finansial. Selain hidup hemat dan menerapkan manajemen keuangan yang baik, Anda juga perlu menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung atau diinvestasikan. Coba simak jenis investasi modal kecil untuk pekerja kantoran dari kami.

Jangan khawatir, sekarang sudah banyak pilihan investasi modal kecil yang cocok untuk karyawan dengan penghasilan sedang seperti Anda. Berikut beberapa yang bisa dijadikan referensi.

  1. Reksa Dana

Reksa dana selalu jadi rujukan pertama ketika berbicara soal investasi untuk karyawan. Selain tidak membutuhkan modal awal yang besar, Anda sebagai investor juga tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk memantau pergerakan aset setiap saat karena semua sudah dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi.

Ada empat jenis reksa dana yang bisa dipilih berdasarkan profil risiko dan tingkat keuntungannya, yakni RD Saham, RD Campuran, RD Pendapatan Tetap, serta RD Pasar Uang. Dari semuanya, RD Pasar Uang adalah jenis yang paling disarankan untuk pemula karena risikonya yang paling kecil.

Jika tertarik berinvestasi reksa dana, Anda bisa datang langsung ke bank atau membelinya secara online di platform tepercaya seperti Bareksa. Pastikan Anda memilih Manajer Investasi yang punya track record dan portofolio yang bagus.

  1. Logam Mulia

Investasi logam mulia (emas) juga bisa menjadi pilihan investasi modal kecil yang cocok untuk karyawan. Sama halnya dengan reksa dana, investasi emas juga cukup praktis dan tidak membutuhkan modal awal yang besar. Di marketplace tertentu, Anda bahkan bisa menabung emas dengan nominal mulai Rp500 saja.

Namun ingat, emas dan logam mulia lainnya lebih cocok dijadikan alat investasi jangka panjang karena harganya fluktuatif dengan tingkat kenaikan yang tak begitu agresif. Ya, dalam setahun berinvestasi, Anda belum tentu akan balik modal.

Tentu tak jadi soal jika Anda memang menjadikan tabungan emas sebagai salah satu persiapan keuangan jangka panjang, misal untuk biaya pernikahan, pendidikan anak, atau bekal pensiun. Selain emas batangan ANTAM, Anda juga bisa mencoba tabungan emas di Pegadaian.

  1. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka atau yang lebih umum disebut deposito merupakan jenis investasi yang sudah ditentukan jangka waktunya, misalkan satu, tiga, lima, atau bahkan sepuluh tahun. Setiap bulan, saldo Anda akan otomatis didebet dari rekening. Biasanya ada penalti jika uang diambil sebelum jatuh tempo.

Produk keuangan ini sangat direkomendasikan untuk karyawan kantoran seperti Anda, lho. Hanya dengan dana minimal Rp300 ribu, Anda sudah mulai bisa berinvestasi. Selain membuat Anda lebih disiplin menabung, deposito berjangka juga menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa.

  1. Patungan Modal

Meski tidak termasuk dalam salah satu produk investasi di pasar keuangan, patungan modal merupakan alternatif investasi cerdas yang patut Anda pertimbangkan. Anda hanya perlu mencari kawan atau kolega yang mau membangun bisnis bersama, selanjutnya keuntungan yang didapat bisa dibagi sesuai kesepakatan.

Namun, pastikan Anda benar-benar mencari rekan bisnis yang ulet, amanah, dan bisa diajak kerja sama agar usaha yang dijalankan mampu berkembang dan menghasilkan profit dalam jumlah besar. Saat ini ada banyak peluang usaha yang bisa Anda pilih, misalnya berbisnis makanan, pakaian, waralaba, kue kering, dan lain-lain.

  1. P2P Lending

Investasi modal kecil terakhir yang cocok untuk karyawan adalah peer to peer lending. Produk fintech ini memang sedang menjadi primadona investasi yang menguntungkan di kalangan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

Sama halnya dengan produk keuangan lainnya, P2P lending juga menawarkan berbagai kelebihan dalam berinvestasi, antara lain modal awal kecil, tingkat pengembalian yang tinggi, jaminan keamanan, serta skema investasi yang praktis, mudah, dan transparan.

Rekomendasi P2P Lending Terpercaya

Di Indonesia sendiri sudah banyak platform P2P lending yang bisa dijadikan rujukan berinvestasi, salah satunya Gandeng Tangan.  Fintech ini memiliki fokus pada pemberian bantuan modal untuk pelaku usaha mikro di seluruh pelosok negeri.

Selain menjanjikan return (imbal hasil) sampai 15,6% per tahun, berinvestasi di Gandeng Tangan juga sangat aman karena P2P lending ini sudah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 1 Februari 2019 lalu.

Jangan khawatir soal risiko kredit macet. Gandeng Tangan telah melakukan analisis credit scoringsecara mendalam didampingi tim GT-Trust yang aktif bertugas langsung di lapangan. Anda pun dapat memantau aktivitas transaksi lewat private dashboard yang dapat diakses secara online—kapan pun dan di mana pun.

Hanya dengan Rp50.000, Anda bahkan sudah mulai bisa berinvestasi sekaligus berkontribusi terhadap laju perekonomian Tanah Air. Jadi, tunggu apa lagi? Mari bersama-sama sebarkan semangat kebaikan dan ciptakan dampak sosial untuk Indonesia dengan berinvestasi di Gandeng Tangansekarang!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.