Ramadan

5 Menu Makanan yang Cocok untuk Menemani Saat Berbuka

Setelah menahan haus dan lapar seharian, orang biasanya kalap ingin makan ini itu ketika waktu berbuka tiba. Dari mulai takjil, gorengan, menu “berat”, buah, sampai camilan, semuanya ingin disantap saat itu juga, padahal kamu juga tetap wajib mempertimbangkan kandungan gizi saat memilih menu makanan untuk santap buka puasa, lho.

Nah, berikut referensi daftar menu berbuka puasa yang tidak cuma lezat, tapi juga bernutrisi.

  1. Kurma
  2. Kurma adalah menu yang wajib ada di meja makanmu saat berbuka puasa. Buah ini kaya akan zat gula seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang selama seharian berpuasa. Kurma juga bisa dijadikan suplemen alami untuk penderita anemia/tekanan darah rendah, lho.

  3. Sayur dan Buah
  4. Meski berpuasa, tubuhmu tetap butuh asupan serat yang cukup untuk memperlancar proses pencernaan. Nah, serat ini bisa kamu peroleh dari bahan makanan seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, kedua menu ini juga bisa membuat perut kenyang lebih lama tanpa menimbulkan efek begah/mual seperti waktu makan nasi.

  5. Ayam Kecap
  6. Salah satu pilihan lauk berbuka puasa yang patut kamu coba adalah ayam kecap. Selain lezat, campuran jahe dalam masakan ini juga akan menghindarkanmu dari perut kembung atau masuk angin setelah seharian berpuasa. Cara mengolahnya juga gampang banget. Di internet ada banyak resep ayam kecap yang bisa kamu jadikan contoh.

  7. Bubur Kacang Hijau
  8. Bubur kacang hijau pun bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa yang lezat dan bergizi. Kacang hijau merupakan jenis biji-bijian yang tinggi protein dan serat, sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

  9. Kolak dan Sup Buah
  10. Kolak dan sup buah bisa menjadi hidangan pembuka buat kamu yang tidak biasa langsung makan nasi ketika magrib tiba. Kedua hidangan ini mengandung serat dan nutrisi yang cukup untuk membuat perut kenyang sampai jam makan berikutnya (biasanya usai salat tarawih).

Nah, itulah referensi menu berbuka puasa yang bisa kamu coba. Yang paling penting, pastikan menu yang kamu pilih mengandung nutrisi yang cukup untuk tubuh, bukan cuma menghilangkan rasa lapar setelah seharian berpuasa.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.