Keuangan

5 Pelajaran tentang Investasi Usaha Mikro dari Small Business Revolution on Main Street

Deskripsi: investasi usaha mikro membutuhkan strategi agar sukses. Small Business Revolution on Main Street menunjukkannya secara menarik.

Usaha kecil juga membutuhkan strategi khusus agar berkembang, sama seperti bisnis besar. Jika Anda berpikir membuka bisnis kecil atau investasi usaha mikro, menonton Small Business Revolution on Main Street bisa memberi inspirasi. Serial yang mulai tayang pada tahun 2016 ini berupaya menciptakan transformasi kota kecil lewat pengembangan bisnis kecil.

Dalam setiap episode, Anda akan melihat bagaimana usaha kecil berperan penting dalam mendukung komunitas wilayah mereka. Ada lima pelajaran yang bisa dipetik setelah menonton serial ini.

1. Usaha kecil penting bagi roda perekonomian

Setiap kota dalam serial ini bergantung pada bisnis kecil untuk mendukung roda perekonomian mereka. Bisnis kecil tidak hanya melayani kebutuhan penduduk kota, tetapi juga para pendatang dan turis. Mereka juga cenderung memilih orang lokal sebagai pegawai, sehingga membuka lapangan pekerjaan.

2. Usaha kecil membutuhkan strategi dalam pengelolaan

Usaha kecil dan bahkan mikro membutuhkan strategi khusus untuk mengelolanya agar mampu bersaing. Dalam setiap episode, Anda akan melihat transformasi usaha mikro dengan bantuan konsultan keuangan dan bisnis yang disediakan penyelenggara acara. Transformasi ini juga membantu mengubah wajah area bisnis tersebut sehingga lebih dinamis.

3. Usaha kecil membutuhkan dukungan

Usaha kecil mungkin dimulai oleh individu atau keluarga, namun mereka tidak bisa berkembang tanpa dukungan dari luar. Ini bisa berarti pemesanan atau pembelian oleh penduduk lokal, pemberian modal, hingga konsultasi dan edukasi oleh pakar. Dalam setiap episode, terlihat bahwa konsultasi dengan pakar yang disediakan pihak pembuat film membawa dampak positif bagi pemilik usaha.

4. Usaha kecil bergantung pada promosi dan pemasaran

Hanya karena suatu bisnis terkenal di areanya, bukan berarti si pemilik bisa santai. Pemasaran sangat penting bagi usaha mikro agar terus relevan dan diingat. Strategi pemasaran ini bisa berupa promosi unik, pembuatan logo yang mencerminkan bisnis tersebut, hingga penggunaan teknologi seperti internet dan jejaring sosial.

5. Usaha kecil membutuhkan investasi berkelanjutan

Usaha kecil yang sukses membutuhkan investasi berkelanjutan agar bisa berkembang. Berbagai bisnis yang dipotret di serial ini dikembangkan lewat berbagai cara, mulai dari membuat situs dagang berkualitas hingga menciptakan beragam metode pemasaran. Hal ini membutuhkan modal yang semakin besar seiring perkembangan bisnis.

Kelima pelajaran terkait bisnis kecil ini bisa menjadi inspirasi Anda. Jika Anda tidak ingin membuka usaha mikro, pertimbangkan untuk menanamkan modal investasi bagi pengusaha UKM lokal. GandengTangan adalah situs investasi P2P lending yang menyalurkan modal investor ke lebih dari 1.000 pemilik usaha kecil. Anda bisa ikut berperan menyuburkan bisnis kecil tanpa mengeluarkan modal terlalu besar.

Small Business Revolution adalah cerminan dari peran bisnis kecil serta pentingnya investasi usaha mikro bagi kelangsungan mereka. Manfaatkan situs investasi seperti GandengTangan untuk mendukung UKM sambil menginvestasikan dana Anda.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.