KeuanganRedaksionalWirausaha

5 Tips Mengelola Uang Bonus Asian Games 2018

Asian Games 2018 telah usai. Kontingen Indonesia yang awalnya hanya ditargetkan untuk mendapat 16 medali emas berhasil melebihi target yang ditetapkan dengan mendapatkan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Pencapaian ini merupakan pencapaian tertinggi Indonesia di Asian Games 2018 yang berhasil menginspirasi banyak pihak dari pemerintah hingga masyarakat. Dengan banyaknya hasil medali yang didapat, banyak pula atlet Indonesia di Asian Games yang mendapatkan bonus berlimpah dari pemerintah.

Para pemenang medali mendapatkan bonus beragam sesuai dengan pencapaiannya, mulai dari Rp 150 juta hingga Rp 1,5 milyar. Besarnya bonus tersebut harus diikuti dengan pengetahuan finansial yang baik bagi para atlet supaya bisa mengelola bonus yang didapat dan tak habis di tengah jalan. Terlebih seluruh atlet akan mencapai masa pensiun sehingga ada baiknya jika diiringi persiapan untuk masa depan.

Berikut pengelolaan keuangan yang harus dilakukan:

1. Membayar Utang

Jika sebelumnya memiliki utang, ada baiknya utang yang ditanggung agar diselesaikan lebih dahulu. Mengapa? Karena utang bisa menghasilkan minus untuk kondisi keuangan kita, sehingga dengan Anda membayar utang, kondisi keuangan Anda bisa kembali ke tren yang lebih positif. Selain itu pula, siapa yang mau di masa depan namun masih tetap membayar utang? Akan lebih baik jika uang Anda dibayarkan untuk kebutuhan, bukan untuk utang.

2. Membuat Asuransi untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Pernah dengar pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan? Pepatah tersebut ada hubungannya dengan poin ini. Kita semua tidak ada yang tahu mengenai masa depan, sehingga ada baiknya untuk dipersiapkan. Jika Anda belum memiliki asuransi untuk diri Anda atau keluarga Anda, segera lengkapi diri dan keluarga Anda dengan asuransi. Bentuk asuransi pun ada banyak macamnya, ada asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi bencana, asuransi kendaraan, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana Anda memilih asuransi? Tinjau lagi dengan kebutuhan Anda, jika Anda peduli agar kesehatan Anda terjaga, maka bisa mengambil asuransi kesehatan. Jika Anda peduli dengan resiko-resiko terhadap jiwa Anda, bisa mengambil asuransi jiwa. Pilih lembaga asuransi yang memiliki layanan baik untuk nasabahnya sehingga ketika nantinya Anda harus melakukan klaim, Anda tidak perlu pusing mengenai urusan administrasi.

3. Amal

Selain dari kerja keras yang Anda capai, Ingatlah jika pencapaian yang Anda dapat saat ini didapat dari dukungan orang-orang sekitar Anda. Sebagai bentuk kontribusi Anda, Anda bisa menyisihkan mulai dari 2,5% dari bonus Anda untuk orang yang membutuhkan. Kita tidak pernah tahu jika dana yang Anda sisihkan sangatlah berguna bagi yang membutuhkan.

4. Investasi

Saat ini banyak sekali bentuk investasi yang sangat personal disesuaikan dengan profil keuangan penggunanya. Investasi banyak sekali bentuknya, ada investasi properti, investasi emas, investasi p2p lending, investasi reksadana, atau investasi saham.

Ketika memulai investasi, selalu ingat prinsip high risk high return. Jadi jika Anda ingin mendapatkan banyak keuntungan dari investasi, tentu resiko yang Anda tanggung akan semakin tinggi. Sehingga Anda perlu memilih tujuan investasi Anda dan disesuaikan dengan bentuk investasi yang Anda berikan.

Jika Anda ingin investasi Anda turut memberikan dampak bagi masyarakat, sekarang ada istilahnya impact investing. Selain Anda investasi dan mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa menciptakan perubahan positif untuk pemberdayaan masyarakat. Salah satu platform investasi yang bisa Anda gunakan adalah GandengTangan. Melalui platform ini, Anda bisa berinvestasi dengan imbal hasil hingga 15,6 % per tahun dan memberi dampak bagi pemberdayaan usaha mikro di Indonesia.

5. Membuat Usaha Jangka Panjang

Hobi paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Kecintaan Anda pada hobi Anda ternyata bisa menjadi peluang bisnis. Selayaknya menjadi atlet yang bisa berawal dari hobi, membuka bisnis pun tidak perlu jauh-jauh dari hal yang Anda sukai.

Sebagai atlet olahraga, membuka bisnis di bidang kebutuhan atau pakaian olahraga bisa jadi pilihan yang menjanjikan. Selama manusia masih bergerak dan gemar berolahraga, tidak ada salahnya untuk mulai berpikir untuk membuat bisnis yang terkait dengan olahraga.

Untuk inspirasi lain mengenai bisnis yang digeluti atlet Indonesia setelah olahraga bisa Anda temukan di sini.

Selagi Anda menikmati bonus yang telah Anda terima, ada baiknya juga jika Anda juga mempersiapkan dan mengatur bonus Anda untuk masa depan Anda.

Sekali lagi kami mengucapkan selamat atas pencapaian Anda di Asian Games 2018. Terima kasih atas perjuangan Anda membawa Indonesia berjaya untuk membuat banyak masyarakat bangga. Perjuangan Anda akan selalu menjadi kenangan terindah untuk banyak masyarakat Indonesia.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.