Berita

6 Langkah Mudah Tetapkan Tujuan Investasi Online

Kehadiran produk investasi berbasis digital merupakan alternatif ideal di era serba-internet seperti sekarang. Selain skema transaksinya yang mudah dan praktis, investasi online juga menjanjikan keuntungan tinggi meski dengan nominal modal yang sedikit. Tak heran makin banyak orang yang memindahkan asetnya ke instrumen investasi sejenis ini.

Sayangnya, di tengah santernya berita tentang kesuksesan investasi online, tak sedikit investor yang berakhir rugi dan kehabisan modal akibat kurang berhati-hati. Lalu, bagaimana sih strategi terbaik agar tujuan investasi online bisa tercapai dengan aman dan menguntungkan?

  • Tentukan Tujuan Investasi

Strategi pertama yang mesti Anda terapkan agar investasi berjalan sukses adalah menetapkan tujuan investasi itu sendiri; apakah untuk jangka pendek, menengah, atau jangka panjang.

Penetapan tujuan ini akan mempermudah Anda dalam memilih instrumen investasi yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan, misalnya reksa dana, forex, saham, obligasi, komoditas, bisnis, atau P2P lending online.

  • Ketahui Risk Tolerance

Perlu diingat bahwa setiap investasi online tidak lepas dari risiko. Makin besar keuntungan yang didapat, makin tinggi pula risikonya. Sebelum mantap memilih produk pasar uang atau fintech, ketahui dulu seberapa besar risk tolerance Anda.

Risk tolerance artinya ambang batas kerugian yang bisa Anda tanggung dalam berinvestasi. Jangan lupa sesuaikan dengan tujuan investasi Anda; dengan tingkat risiko sekian, apakah keuntungannya cukup untuk mencapai target Anda?

  • Minta Saran Ahli Keuangan

Sama halnya dengan investasi konvensional, investasi online cukup kompleks dan banyak macamnya. Untuk memastikan tujuan finansial Anda tercapai dengan baik, pastikan Anda sudah mengetahui secara detail produk investasi yang dipilih.

Jika merasa masih awam dengan dunia investasi, cobalah minta bantuan teman atau penasihat keuangan yang paham betul soal investasi. Selain memberikan input mengenai peluang investasi online menguntungkan, mereka juga biasanya memiliki banyak saran atau strategi bermanfaat terkait pokok finansial lain yang tak kalah penting.

  • Cari Tahu Lebih Jauh

Penipuan bukan hal baru dalam dunia investasi online. Agar Anda tak mengalami kejadian serupa di kemudian hari, jangan malas untuk melakukan verifikasi lebih detail atas suatu instrumen investasi.

Selain melihat kejelasan struktur organisasi dan seberapa luas jangkauannya, cek juga kredibilitas dan legalitas produk investasi. Cara paling aman adalah melihat apakah investasi tersebut sudah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum.

Anda juga bisa melakukan riset lanjutan terkait syarat dan ketentuan, atau bergabung di forum-forum investasi online. Ingat, jangan mudah tergiur dengan janji keuntungan besar tanpa informasi yang jelas agar tak terjebak investasi bodong.

  • Pahami Produk dan Skema Investasi

Tujuan investasi hanya akan tercapai jika Anda memahami produk dan skema investasi itu sendiri. Informasi mengenai detail produk dan skema investasi biasanya tersedia lengkap di website. Informasi ini mencakup skema transaksi, jumlah return yang didapat, besaran keuntungan, pemanfaatan dana investasi, dan lain-lain.

Anda sebagai calon investor memang sangat disarankan untuk membekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang suatu produk investasi online yang akan dipilih. Aktiflah bertanya jika ada hal-hal yang belum dipahami. Jangan hanya bergantung pada penjelasan di website.

  • Pilih Investasi Online Terbaik

Ada cukup banyak produk investasi online yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, dari reksa dana online, obligasi dan sukuk, saham, valas, sampai yang berbasis fintech seperti peer to peer lending (P2P Lending).

Keputusan memilih instrumen investasi ini tidak boleh sembarangan dan wajib didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan memilih produk investasi yang tepat dan aman, Anda pun selangkah lebih dekat dengan tujuan finansial.

P2P Lending sebagai Alternatif Investasi Online

Dari sekian banyak instrumen investasi online tepercaya, P2P lending adalah yang sedang populer di kalangan masyarakat. Produk fintech ini berupa pendanaan online lewat pemberian pinjaman kepada perorangan atau UMKM.

Jika Anda ingin berinvestasi jangka pendek sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Gandeng Tangan adalah tujuan yang tepat. P2P lending ini siap menghubungkan Anda dengan pelaku usaha mikro di Tanah Air lewat pemberian modal usaha dengan skema yang aman, transparan, dan menguntungkan.

Tak hanya menjanjikan return sampai 15,6% per tahun, investasi online di GandengTangan juga sangat mudah karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Jangan khawatir soal risiko kredit macet, karena selain sudah diawasi oleh OJK, kami juga memiliki tim GT-Trust yang bertugas langsung di lapangan mengawasi setiap usaha mikro terdanai.

Dengan nilai investasi awal yang relatif rendah, siapa pun bisa menjadi investor dan berkontribusi memajukan UMKM di Indonesia. Ayo, daftar sekarang juga! Dampak baik dimulai hanya dengan Rp50.000.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.