Keuangan

6 Tips Mengatur Rencana Keuangan Satu Tahun dengan Investasi Online Tepercaya

Rencana Keuangan Satu Tahun dengan Investasi Online

Berapapun penghasilan bulanan, semua akan terasa kurang jika Anda tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik. Besar kecil penghasilan itu relatif, sepanjang Anda juga mampu mengelola pengeluaran. Hanya beli yang dibutuhkan, bukan diinginkan, itu rumusnya. Pengeluaran yang terkontrol akan memudahkan Anda mengelola dana untuk berinvestasi.

Untuk investasi jangka pendek, Anda dapat mencoba investasi online tepercaya. Supaya investasi tersebut membuahkan hasil manis, perencanaan keuangan konsisten menjadi kunci utama. Tentu Anda tidak mau uang hasil kerja keras terbuang percuma karena terlalu boros dan sibuk memenuhi keinginan pribadi, bukan?

Tidak perlu menunggu penghasilan bulanan puluhan juta untuk mulai berinvestasi. Justru Anda wajib mengatur rencana keuangan satu tahun ke depan agar dapat berinvestasi secara rutin. Yuk, simak 6 tips berikut.

Menentukan rencana keuangan dan menghitung kebutuhan dana

Terkait kebutuhan, mempunyai tujuan finansial spesifik ternyata juga membantu pengelolaan keuangan pribadi. Anda bisa membuat beberapa tujuan, besaran biaya yang dibutuhkan, kapan jatuh tempo, serta bagaimana strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Lalu, silakan buat perhitungan kebutuhan dana. Besaran jumlah tiap rencana harus ditulis mendekati atau lebih besar daripada sesungguhnya. Kumpulan angka yang jelas mendorong Anda untuk berusaha mewujudkan rencana itu dengan lebih mudah, ketimbang tidak menuliskannya secara detil.

Utak-atik strategi keuangan

Menghitung kebutuhan dana akan membuat Anda menilik kembali aset finansial yang sudah ada. Apakah cukup untuk mencapai tujuan tersebut? Jika belum, langkah apa yang harus diambil?

Inflasi yang terjadi setiap tahun membuat Anda sadar bahwa menabung saja tidak akan cukup. Anda harus mengambil strategi lain agar dapat mencapai tujuan tepat waktu. Alih-alih menabung, investasi jelas membantu Anda tiba di tujuan tersebut. Tidak sekadar memutar uang dari penghasilan bulanan, tetapi mengembangkan uang tersebut menjadi sumber pendapatan pasif Anda.

Pelajari instrumen investasi

Lalu, Anda perlu mempelajari mana saja instrumen investasi yang cocok dengan tujuan finansial tadi. Untuk investasi jangka pendek, Anda dapat mengandalkan investasiĀ online tepercaya seperti Gandeng Tangan. Dalam P2P lending ini, Anda bertindak sebagai investor yang memberi pinjaman modal kepada pelaku usaha mikro melalui sebuah platform investasiĀ online.

Dengan tingkat returnĀ 10%-20% per tahun, keuntungan Anda didapat dari bunga pinjaman tersebut. Bermodalkan Rp50.000 saja, Anda sudah bisa berinvestasi. Plus, pengelolaan dana juga dilakukan secara transparan, sehingga semua proses transaksi muncul secara real time melalui dashboard aplikasi akun Anda.

Waktunya eksekusi rencana

Rencana keuangan sudah siap, sekarang waktunya eksekusi rencana tersebut. Untuk mempermudah, siapkan to do list apa saja yang perlu dilakukan terkait pelaksanaan rencana. Misalnya, untuk berinvestasi lewat P2P lending, maka Anda harus menyiapkan dana, sign up di platform yang dituju, dan bertransaksi secara online lewat aplikasi atau situsnya.

Pantau dan evaluasi berkala

Setiap perencanaan keuangan akan berjalan baik jika Anda aktif memantau perkembangannya. Kemudian, lakukan evaluasi berkala langkah-langkah yang telah Anda jalankan tadi untuk melihat bagaimana kinerja rencana tersebut. Ini akan membantu Anda mengambil langkah selanjutnya, meneruskan, mengubah total, atau menambah strategi baru.

Demikian 6 tips mengatur rencana keuangan satu tahun. Anda dapat mencoba investasi online tepercaya untuk mewujudkan tujuan finansial jangka pendek. Jadi, jangan tunda lagi. Ayo, mulai berinvestasi sekarang juga!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.