InspirasiKeuangan

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Coba Investasi Online

alasan-mencoba-investasi-online

Di zaman serba online ini, semakin banyak kemudahan yang dirasakan oleh pengguna. Dengan mengandalkan internet sebagai basisnya, berbagai aktivitas jadi lebih efektif dan efisien. Pun dengan kehadiran sederet pilihan investasi onlineada banyak kelebihan dan keuntungan dari penanaman modal modern ini yang bisa Anda peroleh dibandingkan cara-cara konvensional.

alasan-mencoba-investasi-online

Mengontrol Investasi

Dalam investasi konvensional, seperti saham misalnya, investor tidak memiliki ‘pergerakan’ yang bebas karena terikat oleh pialang. Pilihannya hanya dua: investor berhasil menghubungi pialang atau pialang berhasil menempatkan pesanan investor. Sementara itu dalam investasi online, investor bisa melakukan perdagangan kapan pun dan di mana pun tanpa harus terikat oleh pialang. Setiap keputusan transaksi pun dapat lebih mudah diambil, tidak seperti investasi saham konvensional yang memberikan komandi kapan harus membeli atau menjual saham yang dimiliki investor.

Mempermudah pemantauan

Masih berhubungan dengan kemudahan yang tidak dibatasi oleh tempat dan waktu, investasi online juga memudahkan investor dalam melakukan pemantauan terhadap investasi yang dilakukannya. Cukup dari ponsel, informasi terhadap perubahan harga, pasang dan surutnya nilai, hingga evaluasi rugi atau laba bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Hal ini tentu akan jauh lebih membantu dibandingkan investor harus datang terlebih dahulu ke kantor atau menghubungi pialang.

Memahami lebih baik investasi yang dimiliki

Saat melakukan investasi online, investor sepenuhnya bertanggung jawab terhadap kondisi modalnya sendiri. Keputusan untuk memilih, membeli, atau melepas investasi tidak lagi dipengaruhi oleh pihak ketiga. Terutama bagi pemula, hal ini menjadi keuntungan tersendiri untuk belajar lebih memahami kondisi pasar dan menentukan keputusan bijak secara independen.

Memulai dengan modal kecil

Berbagai instrumen investasi biasanya memerlukan modal yang cukup besar. Selama bertahun-tahun, hal ini pula yang seolah menjadi mindset di masyarakat bahwa syarat utama untuk bisa berinvestasi adalah dengan terlebih dahulu menjadi kaya. Namun, kini berbagai aplikasi investor online memberikan cukup banyak opsi untuk berinvestasi dengan modal kecil.

Memperluas cakupan investasi

Salah satu kekurangan dari investasi metode konvensional adalah jarak antara investor dan peminjam. Untuk menentukan keputusan berinvestasi atau tidak, berbagai analisis perlu dilakukan, bahkan survei langsung pun sangat memungkinkan. Tentu saja, cara ini tidak cukup praktis. Namun, investasi online dapat menghilangkan elemen tersebut. Melalui sebuah platform elektronik seperti P2P Lending, investor dan borrower (peminjam) dapat ‘bertemu’ tanpa harus melakukannya secara fisik. Sistem dan perusahaan Fintech penyedia bertindak sebagai jembatan sekaligus mengakomodasi proses filter sesuai profil yang dibutuhkan maupun diinginkan.

Kehadiran fintech yang bergerak di dalam bidang P2P lending juga sangat membantu perekonomian baik dalam skala kecil maupun besar. Di Indonesia, platformini umumnya menjadi wadah ‘perjodohan’ antara UKM dengan investor, baik personal maupun profesional. Dengan demikian, P2P lending seperti Gandengtangan dapat menjembatani antara kebutuhan peminjam dan keinginan pemberi pinjaman sekaligus meningkatkan perekonomian bangsa.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.