Keuangan

Apa itu Credit Scoring? Yuk, Kenali Lebih Lanjut!

Apa itu Credit Scoring? Yuk, Kenali Lebih Lanjut!

Mengenal lebih jauh credit scoring sebelum Anda mengajukan sejumlah pinjaman ke bank. Simak ulasan lengkapnya di sini.

Demi bisa mendapatkan sejumlah uang dalam nominal besar dan waktu yang terbilang singkat, mengajukan pinjaman ke bank adalah pilihan utama yang paling banyak diambil oleh masyarakat. Meski begitu, tetap ada pertimbangan dari pihak bank terkait calon nasabah yang akan mengajukan pinjaman.

Salah satunya adalah credit scoring. Aspek ini disinyalir memegang peranan yang cukup penting ketika Anda ingin mengajukan kredit di bank. Pasalnya, nilai credit score yang kurang baik bisa berdampak serius, yaitu tingginya biaya yang dibebankan pada Anda kala ingin mengajukan pinjaman.

Sebenarnya, Apa Itu Credit Scoring?

Credit scoring atau penilaian kredit mengacu pada sistem yang digunakan oleh lembaga penyedia pinjaman atau bank yang menentukan apakah Anda sebagai nasabah layak untuk mendapatkan pinjaman tersebut atau tidak.

Melalui penilaian ini, pihak pemberi pinjaman akan mengetahui segala informasi terkait riwayat peminjaman calon nasabah, pembayarannya yang sesuai dengan tenggat atau tidak, hingga kredit terdahulu yang masih menjadi tanggungan.

Lalu, Apa Saja Fungsinya?

Tidak hanya menjadi acuan yang digunakan oleh bank terhadap proses pengajuan pinjaman, fungsi credit scoring lainnya yaitu bisa memperkirakan berapa nominal maksimal yang bisa Anda pinjam. Hal ini termasuk pula jangka waktu pengembalian pinjamannya dan besarnya bunga pinjaman yang akan dibebankan pada Anda.

Apabila credit scoring Anda memberikan hasil yang terbilang kecil, kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman tentu masih ada. Akan tetapi, bunga yang dibebankan pada Anda sebagai pihak peminjam akan sangat tinggi. Hal lainnya adalah Anda kemungkinan juga akan dimintai sesuatu, misalnya barang, untuk dijadikan agunan atau jaminan.

Meningkatkan Credit Scoring

Salah satu cara yang bisa meningkatkan angka credit scoring Anda adalah dengan membayar tagihan tepat pada waktunya alias tidak menunggak. Penunggakan pembayaran tagihan tidak hanya akan membuat Anda berpikir ekstra keras untuk menyiapkan uangnya, tetapi juga menjadikan nilai kredit Anda anjlok.

Bayarlah cicilan tepat pada waktunya. Melakukan proses pembayaran berjangka juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk pelunasan. Meski dicicil tahap dua untuk bisa melunasi tagihan awalnya, setidaknya Anda sedang berusaha untuk melunasinya.

Tidak hanya di bank, credit scoring ini juga tak luput menjadi aspek penilaian pada lembaga pemberi pinjaman. Seperti misalnya Gandengtangan. Platform ini memberikan pinjaman dengan mudah berikut jangka waktunya, tetapi tetap saja, diperlukan penilaian kredit yang baik untuk bisa mengajukan pinjaman.

Namun, Anda juga bisa menjadi pihak pemberi pinjaman atau investasi di Gandengtangan. Dari sini, Anda bisa menilai credit scoring yang diajukan oleh peminjam, dalam hal ini adalah pengusaha kelas UKM dan UMKM sebelum memutuskan untuk menyetujui pinjaman atau tidak. Semoga bermanfaat.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.