Keuangan

Cermati 4 Hal Berikut untuk Cek Keamanan Fintech

Pastikan Anda melakukan cek keamanan fintech sebelum menggunakan layanan yang ditawarkan.

Kehadiran financial technology (fintech) di tengah kehidupan masyarakat modern saat ini membawa berbagai keuntungan dan kemudahan. Lembaga-lembaga keuangan berbasis teknologi finansial pun kian banyak bermunculan. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari pendanaan usaha, P2P Lending, sistem pembayaran digital, hingga crowdfunding atau pembiayaan massal.

Dengan banyaknya jenis lembaga yang tersedia, Anda sebagai konsumen atau pengguna jasa fintech dituntut untuk selalu bersikap cerdas dalam memilih lembaga yang aman dan tepercaya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda cermati untuk cek keamanan fintech sebelum menggunakan layanannya.

  • Izin dan Pengawasan OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga independen negara yang memberikan izin operasi sekaligus mengawasi jalannya lembaga fintech di Indonesia. Oleh karena itu, hal pertama yang bisa dilakukan untuk memastikan keamanan lembaga fintech tertentu adalah mengecek apakah lembaga tersebut sudah terdaftar dan diawasi OJK atau belum.

Anda dapat memeriksanya dalam daftar resmi yang dikeluarkan dari OJK. Daftar tersebut berisi nama-nama lembaga fintech yang telah memiliki izin beroperasi serta diawasi oleh lembaga pengawas keuangan independen ini. Daftar terbaru yang dirilis pada tanggal 1 Februari 2019 memuat 99 nama penyedia layanan fintech di Indonesia yang telah mengantungi izin resmi dari OJK untuk beroperasi.

  • Transparansi Sistem Pendanaan

Hal lain yang perlu diperhatikan saat cek keamanan fintech adalah transparansi sistem pendanaan, meliputi dana yang diterima serta disalurkan oleh lembaga fintech. Poin ini berlaku secara khusus bagi penyelenggara fintech yang menyediakan layanan pendanaan, seperti P2P Lending, atau crowdfunding.

Dengan mencermati transparansi sistem pendanaan, Anda dapat menilai sendiri tingkat keamanan serta kredibilitas lembaga tersebut.

  • Aplikasi dan Situs Resminya

Lembaga fintech yang berkembang seiring kemajuan dunia digital memusatkan layanannya pada aplikasi dan/atau situs resmi. Perusahaan fintech GandengTangan, misalnya, menyediakan layanan P2P Lending serta investasi online melalui media digital berupa situs web serta aplikasi ponsel pintar.

Oleh karena itu, untuk mengecek keamanan lembaga fintech, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan aplikasi serta situs resmi dari lembaga yang bersangkutan.

  • Layanan yang Ditawarkan

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, cermati pula jenis dan bentuk layanan yang ditawarkan oleh lembaga fintech. Perhatikan pula prosedur atau persyaratan dari setiap layanan. Pastikan seluruh layanan tersebut telah tepercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Jika Anda menggunakan layanan fintech untuk berinvestasi, ingatlah untuk selalu memperhitungkan risiko serta imbal balik dari investasi yang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda dapat memastikan keamanan lembaga yang menjadi sarana penanaman modal.

Itulah sejumlah poin mendasar yang bisa Anda jadikan panduan saat cek keamanan fintech. Pastikan poin-poin di atas sudah Anda cermati sebelum menggunakan layanan fintech, ya!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.