Keuangan

Inilah Untungnya Investasi Fintech OJK di Indonesia

Berinvestasi di lembaga fintech yang terdaftar di OJK memberikan beragam keuntungan bagi Anda. Yuk, simak apa saja untungnya investasi fintech OJK!

Istilah financial technology atau fintech kian booming dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Salah satu layanan dari fintech atau teknologi finansial yang paling banyak diminati saat ini adalah layanan investasi. Di Indonesia sendiri, aktivitas lembaga fintech diatur dan dimonitor oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Per 1 Februari 2019, terdapat 99 penyelenggara fintech di Indonesia yang telah terdaftar dan memiliki izin di OJK. Penyelenggara investasi fintech yang telah mengantungi izin OJK menawarkan berbagai keuntungan bagi Anda sebagai pengguna jasa. Ingin tahu apa saja untungnya investasi fintech OJK? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Terbukti aman dan layak beroperasi

Sebelum memberikan izin operasional kepada lembaga fintech, OJK terlebih dahulu melakukan uji kelayakan terhadap lembaga tersebut. Oleh karena itu, lembaga fintech yang telah terdaftar di OJK berarti telah memenuhi seluruh persayaratan dan uji kelayakan yang diberikan. Lembaga tersebut pun dipastikan aman dan layak beroperasi.

  1. Terdapat perlindungan konsumen

Selain memberikan izin operasional bagi lembaga fintech di Indonesia, OJK juga memiliki mandat untuk melindungi konsumen atau pengguna jasa yang terlibat. Dalam perlindungan konsumen, OJK mengharuskan seluruh lembaga fintech yang terdaftar untuk memberikan transparansi mengenai pendapatan dan penyaluran dana, termasuk memberikan informasi kepada investor mengenai risiko investasi yang mungkin terjadi.

OJK juga menyediakan layanan pengaduan khusus bagi pengguna jasa fintech di Indonesia. Jika terdapat hal-hal yang dianggap merugikan atau tidak sesuai dengan keinginan, Anda sebagai konsumen bisa langsung melaporkannya melalui layanan pengaduan OJK.

  • Investasi bisa dimulai dari modal kecil

Salah satu keuntungan berinvestasi di lembaga fintech adalah besaran modal yang tidak terlalu tinggi. Anda bahkan bisa mulai berinvestasi dengan modal sebesar Rp50.000-Rp100.000. Hal ini tentu sangat menguntungkan, terutama bagi para investor pemula yang baru mengenal dunia investasi.

  • Menawarkan imbal hasil yang menguntungkan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lembaga investasi fintech adalah imbal hasil yang dapat menguntungkan Anda sebagai investor. Potensi imbal hasil yang ditawarkan bahkan dapat mencapai 15-20 persen dalam setahun. Jadi, jika Anda ingin terlibat dalam investasi menguntungkan, pastikan memilih lembaga-lembaga fintech yang telah terdaftar di OJK.

  • Prosesnya mudah

Lembaga fintech yang terdaftar di OJK menyediakan prosedur investasi yang mudah sehingga dapat dilakukan oleh semua orang. Kemudahan yang ditawarkan meiliputi proses transaksi, pengajuan pinjaman, pengumpulan berkas atau persyaratan, pencarian dana, hingga pengembalian modal yang diinvestasikan.

Itulah sejumlah hal yang membuktikan untungnya investasi fintech OJK di Indonesia. Bagi Anda yang ingin memulai investasi menguntungkan di lembaga fintech yang telah terdaftar di OJK, GandengTangan bisa menjadi pilihan. Di platform ini, Anda dapat memulai investasi dengan modal sesuai kemampuan untuk mendapatkan imbal hasil yang sepadan.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.