Keuangan

Simak 5 Keuntungan Memilih Investasi Online

Dengan investasi online, Anda bisa mempersiapkan kemapanan finansial di masa depan sekaligus mendapatkan keuntungan berikut ini.

Dulu, hanya orang-orang kaya yang bisa berinvestasi. Mereka menanamkan uangnya untuk membeli tanah, ternak, sawah, dan emas. Investasi tersebut menawarkan keuntungan besar dan memiliki risiko kecil. Namun, untuk melakukannya, Anda harus mengeluarkan banyak dana.

Kini, model investasi yang demikian sudah mendapat sentuhan teknologi. Karena itu, muncul investasi online. Dengan adanya jenis investasi aman ini, Anda tidak perlu mengumpulkan uang jutaan rupiah untuk pemodalan. Bahkan, Anda bisa meraup lima keuntungan ini.

1. Investasi Dimulai dari Rp50.000

Anda hanya bisa menyisihkan Rp50.000 dari penghasilan tiap bulan? Tidak masalah; nominal tersebut dapat digunakan untuk investasi jangka pendek online. Salah satunya adalah P2P Lending.

Banyak platform yang menawarkan investasi P2P Lending, seperti GandengTangan. Jika Anda konsisten menanamkan modal, keuntungan pasti bertambah selaras dengan nilai investasi.

Baca juga : berburu profit investasi online.

Meski begitu, Anda tetap butuh strategi agar investasi menguntungkan. Seperti kata Aaron Brown, bahwa berinvestasi harus menggunakan pengetahuan dan analisis. Pastikan, nominal Rp50.000 yang Anda kumpulkan bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

2. Bisa Dipantau Secara Real Time

Beberapa tahun terakhir, transparansi menjadi prioritas pemerintah untuk menciptakan iklim investasi yang berkualitas dan berintegritas. Di samping itu, transparansi membantu investor mengurangi risiko kerugian di pasar finansial. Demi mendukung program tersebut, platform investasi online menghadirkan fitur pemantauan secara real time.

Salah satu contoh platformnya adalah situs GandengTangan. Web ini menyediakan dasbor khusus investor yang dapat digunakan untuk memantau proses investasi. Dari mulai rekrutmen penerima dana, transaksi keuangan, sampai dengan jumlah pengembalian.

Tentu saja, sistem yang demikian harus ditiru platform lain supaya investor merasa nyaman berinvestasi. Tidak hanya itu, akses data dan proyek UMKM secara berkala pun perlu dibagikan kepada investor. Dengan demikian, pemodal dapat memantau perkembangan usaha.

3. Transaksi Fleksibel dan Praktis

Kemudahan dalam bertransaksi merupakan prioritas utama dalam investasi usaha yang dilakukan secara online. Platform penyedia investasi ini memastikan setiap prosesnya berjalan cepat dan praktis. Investor pun tak perlu bertatap muka dengan penerima dana.

Sementara proses deal antara investor dan penerima dana dilakukan secara virtual. Untuk memulainya, kedua pihak mesti membuat akun pribadi. Setelah akun mendapat verifikasi, tahapan pembiayaan diawali dengan pernyataan persetujuan dari investor. Kemudian, dianggap berakhir saat penerima dana sudah mengembalikan uang kepada investor.

Semua tahapan bisa dilakukan dari berbagai tempat dengan menggunakan beragam perangkat yang terhubung internet. Anda pun dapat bertransaksi kapan saja selagi customer service platform masih online.

4. Menciptakan Dampak Sosial

Ingatkah Anda pada kisah Gilded Rogue Enterprises, perusahaan investasi asal Amerika Serikat? Setahun silam, korporasi ini menggemparkan dunia investasi dengan aksi heroik menyelamatkan peternakan di pinggiran Amerika.

Gilded Rogue Enterprises membeli pabrik dan peternakan yang nyaris tutup. Pasalnya, generasi penerus pemilik peternakan tidak mau mengurus. Mereka lebih memilih mengikuti tren urbanisasi dan menjual peternakan. Padahal, peternakan itu satu-satunya sumber penghasilan bagi masyarakat di sekitarnya.
Akhirnya, Gilded Rogue Enterprises membeli seluruh pabrik dan peternakan tersebut, lalu menghidupkannya kembali. Gilded pun membuka investasi untuk orang-orang supaya merasa memiliki peternakan itu.

Nah, sistem investasi yang diterapkan Gilded Rogue Enterprises lantas dikenal dengan impact investment. Artinya, investasi yang Anda tanamkan tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi diri sendiri. Masyarakat pun mesti bisa merasakan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan ekonominya dari investasi tersebut.

Investasi online P2P Lending merupakan contoh impact investment. Pembiayaan yang Anda berikan lewati P2P Lending bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Dengan demikian, peluang terciptanya pengusaha dari kalangan rakyat kecil semakin besar.

5. Lebih Aman dan Tepercaya

Siapa bilang investasi lewat platform virtual tidak aman? Justru, jenis investasi ini mengutamakan keamanan dana investor. Pengelola platform menjamin pemodalan diterima oleh orang yang tepat. Bahkan, beberapa platform kerap mempekerjakan petugas untuk memastikan kondisi tempat investasi.

Petugas tersebut menyeleksi calon penerima bantuan dana secara ketat. Petugas menyeleksi calon penerima modal menggunakan metode credit scoring. Penilaian credit scoring mengacu pada analisis aspek pribadi, bisnis, finansial, dan dampak sosialnya.

Di samping keempat aspek tersebut di atas, metode credit scoring juga didasarkan pada data credit report dari situs Bank Indonesia. Petugas memakai data credit report sebagai salah satu pedoman mengukur kemampuan calon penerima modal.

Tidak hanya memilihkan UMKM dan pengusaha mikro yang tepat, petugas pun memberikan pendampingan selama program berlangsung. Ia bertanggung jawab atas pembayaran angsuran, proses pengembangan UMKM, serta pelunasan. Selain itu, petugas memastikan UMKM mendapatkan akses pasar yang luas sehingga cepat berkembang.

Investasi online hanya salah satu alternatif dari sekian banyak cara investasi. Meski begitu, investasi inilah yang paling cocok untuk anak muda kekinian. Jadi, mulailah investasi sejak dini, agar Anda bahagia di hari tua nanti.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.