Keuangan

Yuk, Pahami Dulu 3 Cara Dasar Investasi Aman dan Efektif Ini

3 Cara Dasar Investasi Aman dan Efektif

Setiap kegiatan investasi pasti dilakukan dengan harapan bahwa dana yang telah ditanam akan memberikan keuntungan di masa mendatang, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang. Namun, tidak setiap orang memahami cara untuk investasi aman dan efektif.

Dua hal tersebut sangat diperlukan untuk meminimalisasi risiko dari setiap kegiatan investasi yang dilakukan. Di samping itu, cara-cara investasi yang aman dan efektif juga membantu investor untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Nah, bila Anda berniat untuk mulai berinvestasi, jangan terburu-buru. Berikut adalah tiga tips investasi aman dan efektif yang bisa diterapkan agar penanaman modal yang dilakukan tidak terasa berat dan kelak memberikan keuntungan yang optimal.

Memilih instrumen investasi yang tepat

Poin pertama adalah bijak dan cermat dalam menentukan instrumen investasi apa yang akan digunakan. Semakin hari, opsi untuk berinvestasi semakin banyak. Anda ingin melakukan investasi konvensional seperti emas, properti, reksadana, dan sebagainya? Boleh-boleh saja. Atau Anda lebih tertarik melakukan investasi modern yang mulai banyak melibatkan teknologi seperti pada aplikasi investasi onlineĀ atau menjadi bagian dari P2P lending? Sah-sah saja.

Apa pun instrumen investasinya, pastikan bahwa kemungkinan terkena risikonya (termasuk inflasi) cenderung kecil. Bila ingin melibatkan pihak ketiga seperti pialang saham, pilih lembaga penyedia yang memang memiliki kredibilitas. Untuk menentukan ini, artinya Anda harus betul-betul memahami karakter dari setiap instrumen investasi.

Melakukan diversifikasi investasi

Seperti namanya, cara investasi aman dan efektif lain yang bisa dilakukan adalah dengan membagi modal yang dimiliki ke dalam beberapa bentuk instrumen investasi. Seperti contoh, selain memiliki reksadana, Anda juga menananmkan modal pada obligasi, emas, investasi online, dan lain-lain.

Mengapa demikian? Pada dasarnya, setiap bentuk investasi mempunyai jangka waktu berikut risiko yang berbeda antara satu dan lainnya. Dengan memiliki beberapa jenis investasi dalam bentuk yang berbeda, Anda bisa memetik hasilnya dalam waktu yang bervariasi serta menekan risiko kegagalan di seluruh investasi.

Memulai dari sekarang

Yang terpenting, investasi aman dan efektif adalah dimulai dari sekarang. Kebanyakan orang masih menganggap bahwa investasi kekayaannya perlu dilakukan ketika tengah memasuki usia dewasa hingga paruh baya. Alasan utama yang mendasari pemikiran tersebut tidak lain adalah pengumpulan modal di awal.

Padahal, semakin dini investasi dilakukan, hasilnya akan semakin baik terutama bila Anda mengambil jenis investasi jangka panjang. Toh kini ada banyak pilihan investasi yang bisa dilakukan dengan modal mulai dari ribuan rupiah saja. Hasil yang diperoleh pun tidak perlu harus menunggu lama sehingga juga dapat membantu menambah pengalaman dan wawasan berinvestasi lebih dalam.

DiĀ Gandengtangan, Anda bisa menanamkan modal kecil untuk memulai pengalaman investasi. Pengembalian dananya pun cepat, sehingga sangat cocok bila Anda baru akan belajar berinvestasi. Di samping itu, berinvestasi di Gandengtangan juga merupakan bentuk kontribusi Anda untuk memajukan usaha mikro yang ada di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera mulai berinvestasi dengan aman dan efektif untuk masa depan finansial yang lebih cerah!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.