Keuangan

Alasan Mengapa Hidup Minimalis Mampu Membuat Anda Bahagia

Alasan Mengapa Hidup Minimalis Mampu Membuat Anda Bahagia

Bukan soal materi, ini dia 3 alasan yang harus Anda ketahui tentang mengapa hidup minimalis akan membuat Anda bahagia.

Pernah mendengar tentang konsep hidup minimalis? Konsep hidup minimalis sendiri diambil dari pemahaman hidup Zen dari Jepang yang menjelaskan bahwa semakin sederhana Anda hidup maka semakin bahagia dan tenang kehidupan yang Anda jalani. Mengapa bisa demikian?

 

Alasan Mengapa Hidup Minimalis Mampu Membuat Anda Bahagia

 

Berikut ini sejumlah alasan bagaimana gaya hidup minimalis mampu membuat kehidupan Anda bahagia.

  •      Mengurangi kadar stres

Prinsip hidup minimalis ialah mengurangi sifat konsumtif. Perkembangan media sosial yang semakin canggih terkadang membuat seseorang ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain. Tak jarang, mereka pun sering menghamburkan uang untuk membeli barang yang tidak perlu.  

Berbeda dengan orang-orang yang lebih memilih hidup minimalis, mereka cenderung lebih bersyukur atas apa yang mereka punya. Hidup minimalis juga mampu membuat seseorang tidak tergoda dengan barang mewah dan menjadi diri sendiri. Dengan begitu, mereka dapat mengurangi kadar stres akibat mengikuti gengsi.  

  •     Lebih hemat

Sudah pasti bila orang dengan gaya hidup sederhana merupakan orang yang hemat. Mereka lebih pandai menentukan mana kebutuhan primer dan mana yang termasuk kebutuhan sekunder. Alih-alih mengikuti tren, gaya hidup minimalis mampu membuat fokus pada kebutuhan primer dan sedikit memiliki keinginan membeli barang yang tidak penting. Alhasil, uang yang tersisa pun bisa digunakan untuk keperluan yang lebih bermanfaat seperti investasi misalnya.   

  •      Lebih fokus pada tujuan hidup

Hidup tak melulu soal mengejar kesenangan semata, namun perlu direncanakan sebaik mungkin agar kelak tidak menyesal. Daripada menghabiskan waktu dan uang untuk keperluan yang tidak berguna, gaya hidup sederhana mampu mengajari Anda untuk fokus pada tujuan hidup yang lebih bermakna. Hidup dengan melakukan sesuatu yang lebih bermakna cenderung mampu membuat seseorang bahagia.  

 

Tips Memulai Hidup Minimalis

 

 

Bagi sebagian orang yang terbiasa hidup mewah, memulai hidup sederhana bukanlah hal yang mudah. Berikut 3 panduan memulai hidup minimalis yang bisa Anda praktikkan.

  •      Mengikuti tren boleh, asal tidak berlebihan

Belakangan, perputaran dunia fesyen hingga gadget kian cepat. Tak jarang, banyak pula yang terobsesi untuk memiliki smartphone terbaru, baju, hingga model tas paling up to date. Padahal barang berlabel terbaru atau up to date tersebut hanya akan bertahan selama beberapa bulan saja sebelum ada model yang lebih baru. Untuk itu, hindari membeli barang yang tak perlu dengan alasan karena sedang tren.  

  •     Jangan terlalu mengejar materi

Punya barang mewah dan materi yang berlimpah belum tentu membuat seseorang bisa bahagia, lho. Nah, bila Anda ingin memiliki hidup minimalis, mulai dari sekarang coba tanamkan pada pikiran Anda supaya lebih bersyukur atas apa yang Anda miliki saat ini.  

  •      Gunakan barang multifungsi

Seseorang dengan kehidupan minimalis biasanya akan mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak bermanfaat. Mereka lebih senang menggunakan barang dengan multifungsi. Selain irit, penggunaan barang multifungsi pun bisa memberikan banyak ruang tersisa di dalam rumah. Dengan begitu, rumah Anda pun bisa terlihat lebih lapang dan rapi.  

 

Sekarang sudah mengerti kan, mengapa hidup sederhana mampu membuat Anda hidup bahagia? Nah, selain belajar hidup lebih sederhana, tak ada salahnya bagi Anda untuk belajar mempersiapkan cara memenuhi kebutuhan di masa datang. Bagaimana caranya? Yuk, berinvestasi! Bersama Gandengtangan, Anda bisa menanam modal secara cepat, mudah, aman, dan transparan.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.