BeritaInspirasi

Berbagi Pengalaman di UFE Sustainability Forum 2019

Siapa sih yang enggak tertarik untuk bisa memenangkan hati investor?

Tentunya, itu menjadi salah satu target para pengusaha untuk mendapatkan modal tambahan dari para investor. Nah kali ini, Jezzie Setiawan, CEO GandengTangan punya beberapa tips yang bisa kamu coba aplikasikan untuk mendapatkan para investor tambahan. Sesi ini telah ia bagikan di acara UFE Sustainability Forum 2019 pada awal November lalu. Dengan bertajuk “Perempuan Pencipta Perubahan”, Jezzie Setiawan diundang sebagai pembicara yang membahas tentang ‘Memenangkan Hati Investor’. 

Pada sesi tersebut, Jezzie membuka sesi dengan menjelaskan sedikit tentang GandengTangan, sebagai teknologi finansial (tekfin) P2PLending, yang menghubungkan masyarakat dengan pengusaha mikro yang membutuhkan pendanaan untuk usaha modal mereka. 

Kenapa Pengusaha Mikro?

Sebab pengusaha mikro punya andil besar dalam kondisi ekonomi mikro di Indonesia. Dengan meningkatnya usaha mikro di Indonesia, maka ekonomi mikro Indonesia juga semakin kuat. Di GandengTangan sendiri, kami memilih pengusaha mikro berdasarkan beberapa persyaratan, yang menjadi target utama kami adalah warung kelontong.

Kenapa Warung Kelontong?

Karena warung kelontongan merupakan salah satu jenis usaha yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari. Ditambah lagi, margin mereka lebih besar. Daripada meminjam uang dengan rentenir, lebih baik bekerja sama dengan GandengTangan yang memiliki bunga lebih kecil dibandingkan rentenir. 

Cara Memenangkan Hati Investor

Jezzie juga berbagi pesan untuk teman-teman yang memiliki usaha mikro, diharapkan memiliki tujuan yang jelas ketika membangun usaha tersebut. Sehingga para investor bisa percaya kepada usaha mereka. Selain itu, pastikan juga bahwa usaha tersebut adalah pendapatan utama Anda. Sehingga kemungkinan untuk gagal pun kecil karena pengusaha mikro akan fokus dan konsisten pada satu usaha saja. Dengan begitu akan mengurangi kecenderungan gagal mendapat investor.

Tips lainnya yang diberikan Jezzie adalah pengusaha mikro diharapkan melakukan riset terlebih dulu sebelum memulai usaha. Bisa dibuat dengan sederhana, misal, barang apa yang mau dijual, apakah barang yang ingin dijual tersebut bisa memberikan kemudahan/solusi dalam keseharian target konsumen Anda. Kedua, ketahui juga target konsumen yang ingin disasar. Dengan begitu bisa mempermudah pengusaha mikro untuk mulai melakukan usaha di kemudian hari. Sehingga ketika melakukan pitch-deck di depan para investor, kalian juga paham Unique Selling Point (USP) usaha kalian.

Dari semua itu, kami senang sekali bisa berbagi pengalaman ini. Ditambah lagi, beberapa waktu lalu para peserta sangat antusias juga memberikan pertanyaan yang beragam. Semoga lain waktu kami bisa bertemu dan berdiskusi bersama lagi. Terima kasih untuk semuanya yang telah hadir di acara UFE Sustainability Forum 2019.

Buat kamu yang mau mulai melakukan investasi, yuk, coba mulai melakukan pendanaan di GandengTangan!

Buat kamu yang mau mengajukan pembiayaan modal usaha, boleh banget langsung hubungi Gita melalui WhatsApp yang ada di laman GandengTangan.

Selamat mendanai!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.