Keuangan

Cara Memulai Investasi Usaha Online dengan Modal Kecil

Apakah Anda pernah berinvestasi? Banyak orang enggan untuk berinvestasi karena merasa tidak punya modal. Padahal, ada peluang investasi modal kecil yang bisa dicoba.

Berinvestasi kini menjadi salah satu tren yang diminati oleh masyarakat modern. Bukan lagi hanya menyimpan uang di bank, mulai banyak orang yang mencoba meningkatkan dana dengan membeli produk investasi. Meskipun risikonya lebih tinggi daripada tabungan, imbal hasilnya pun lebih besar.

Akan tetapi, jika anggaran yang dimiliki tidak terlalu besar, bagaimana cara untuk memulai berinvestasi? Dengan perkembangan dunia fintech saat ini, investasi kini tidak lagi harus dengan modal besar. Bahkan, dengan memiliki dana Rp50.000 saja, Anda sudah bisa menjadi seorang investor. Nah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memulai investasi modal kecil.

  • Lakukan riset terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset mendalam terlebih dahulu. Apa saja yang perlu diketahui? Salah satunya, platform investasi yang legal dengan risk and return yang masuk akal. Pahami prosedur serta syarat dan ketentuan yang harus diikuti. Bandingkanlah antara satu produk dengan yang lainnya, terutama dari segi keunggulan yang ditawarkan.

  • Pengelolaan keuangan harus tepat

Anda bisa memulai untuk berinvestasi dari sekarang. Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa pengelolaan keuangan telah dilakukan sebijak mungkin. Dana investasi sebaiknya bukan hasil dari pinjaman atau anggaran bulanan. Meskipun ada imbal hasil yang mungkin akan Anda terima, prinsipnya tidaklah pasti. Jadi, Anda tidak bisa mengharapkan ini untuk membayar kewajiban tetap.

  • Tentukan tujuan berinvestasi

Sebelum memutuskan untuk memiliki produk investasi, pertimbangkan terlebih dahulu tujuan berinvestasi. Ada orang yang ingin menikmati keuntungan dalam jangka pendek. Ada pula yang ingin menstabilkan nilai harta yang dimiliki dalam jangka panjang. Berdasarkan tujuan tersebut, Anda bisa menentukan jenis investasi yang sesuai.

Selain mendapatkan imbal hasil investasi, Anda juga dapat berkontribusi terhadap orang lain dengan investasi. Salah satunya adalah melalui GandengTangan, layanan P2P lending yang membantu para pengusaha mikro. Di sini, Anda bisa bekerja sama dalam bentuk investasi usaha secara online. Semakin maju usaha tersebut, semakin besar imbal hasil yang dapat Anda nikmati.

  • Sisihkan dana secara rutin

Anda perlu memiliki pos khusus untuk mengumpulkan dana investasi. Nominalnya tidak perlu terlalu besar, asalkan rutin dilakukan. Dana ini selanjutnya bisa diubah menjadi investasi apabila sudah mencapai jumlah tertentu. Menariknya, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama karena ada platform yang menawarkan investasi modal kecil.

Nah, itulah beberapa cara untuk memulai investasi usaha secara online dengan modal yang sedikit. Jelas sekali, bukan hanya investor besar saja yang kini dapat menjadi mitra bagi pelaku usaha mikro. Jika pandai mencari bisnis yang tepat, Anda pun dapat ikut mengecap keuntungan yang besar. Selamat mencoba.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.