BeritaProyek

Pengusaha Mikro di Palu Siap Bangkit Kembali!

Bangkit kembali dari rasa keterpurukan memang sulit, tapi bukan berarti kita tidak bisa bangkit kembali, bukan? Setidaknya kita mencoba untuk melakukannya, seperti yang sedang dilakukan oleh para korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya.

Tentu, kita masih ingat betul saat itu Indonesia sangat berduka atas kejadian bencana gempa di Lombok dan disusul dengan bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala pada September tahun 2018. Mereka berduka, Indonesia lebih berduka. Tidak ada yang ingin ditinggalkan dan meninggalkan, namun semuanya telah terjadi. Yang bisa dilakukan saat ini adalah harus bangkit kembali dan menjalani rutinitas baru dengan tujuan yang sama.

Memang tidak semudah yang diungkapkan, hal ini masih terasa ketika Darul, Co-Founder & Chief of Product and Operation of GandengTangan, mengunjungi lokasi bencana gempa dan tsunami di kota Palu. Puing-puing sudah dibenahi, beberapa masyarakat kembali melakukan aktivitas, dan ada pula yang memilih untuk menetap di tenda posko bantuan. Namun Palu tetap harus bangkit kembali. Terutama bagi para pedagang kecil, pelaku UMKM yang ada di daerah Palu dan sekitarnya.

Ketika kami di sana dan berbincang bersama para warga, alhamdulillah, beberapa dari pengusaha mikro mulai beraktivitas kembali untuk melanjutkan usahanya. Meskipun tidak banyak juga yang belum kembali beraktivitas berjualan karena warungnya rata dengan tanah, sehingga mereka bingung harus memulai darimana. Namun semangat mereka untuk bangkit kembali begitu terasa lewat perbincangan hangat bersama kami. Mereka sangat ingin kembali membangun usahanya.

Selain itu, mereka juga banyak bercerita pasca-bencana, apa yang mereka rasakan dan lakukan untuk bisa bangkit dan pulih. Sulit memang bisa bangkit kembali dari berbagai kejadian yang mereka alami. Gita salut sekali dengan semangat mereka untuk bisa kembali bangkit. Mengajak orang-orang sekitar untuk bergotong-royong membangun kembali warung yang roboh agar bisa kokoh kembali. 

Lewat berbagai keluh kesah dan semangat para pelaku UMKM, GandengTangan ingin terlibat langsung untuk mendukung #PaluBangkit, khususnya para UMKM. Untuk itu, kami bekerja sama dengan TurunTangan kota Palu  menyalurkan bantuan pendanaan kepada pelaku UMKM yang membutuhkan di platform GandengTangan. Melalui kerja sama ini, kami berharap mampu membantu bangkitnya perekonomian mikro di daerah Palu itu sendiri untuk kembali pulih.

Mohon doanya teman-teman, supaya kami bisa terus merambah ke pelosok dan membantu para pelaku UMKM Indonesia untuk saling bergandengtangan meningkatkan perekonomian Indonesia.

Mari mulai berinvestasi sekaligus membantu para pelaku UMKM di Indonesia!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.